Digital Library Marketing


Digital  Library Marketing

    Bagi kalian yang belum tahu apa itu Digital Marketing Library. YUKKK Simak penjelasannya sebagai berikut!!

Apakah Anda pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online? Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan?

Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing.

Lalu, sepenting apakah sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan itu Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar memahaminya secara jelas.

Apa Itu Digital Marketing (DM)?

PengertiaDigital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Apa yang dipelajari dalam mata kuliah Digital Marketing ini ? apa manfaatnya ? dan apa hubungannya dengan perpustakaan dan dunia kerja ? Ini yang akan coba saya jelaskan secara sederhana dalam blog ini.

Apa yang dipelajari dalam Digital Marketing ? 

Pertanyaan yang sangat menarik untuk dijawab sekaligus muncul pertanyaan baru, istilah digital marketing ini kan tidak ada hubungannya dengan ilmu perpustakaan. Nah inilah menariknya, Ilmu Perpustakaan mengadopsi ilmu marketing atau biasa disebut dengan ilmu pemasaran yang merupakan cabang ilmu dari disiplin ilmu ekonomi. Secara sederhana ilmu marketing mengajarkan bagaimana suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu individu atau perusahaan dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Kegiatan tersebut merupakan keseluruhan sistem yang dirancang mulai dari merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan keinginan pelanggan dan mencapai sasaran serta tujuan yang diinginkan.

Digital marketing ini juga memanfaatkan teknologi informasi, seperti teknologi blog atau website, sosial media sebagai sarana dalam menjalankan sebuah proses bisnis, baik barang, jasa, maupun informasi.      

Materi yang dipelajari dalam Digital Marketing khususnya untuk Ilmu Perpustakaan :

  • Pengantar pemasaran dan promosi perpustakaan
  • Digital marketing 1
  • Digital marketing 2
  • Strategi digital marketing
  • Mendesain blog atau website
  • Konten website
  • SEO basic pada blog atau website
  • Web marketing
  • Email dan messenger marketing
  • Facebook dan Instagram ads
  • Twitter dan youtube
  • Marketplace
  • Meningkatkan traffic website

Wahh, materi-materinya sangat menarik yah. Rasanya ingin cepat-cepat mempelajari dan menguasainya.

Apa saja sih manfaat dari belajar Digital Marketing ?  

  • Banyak manfaat dari belajar digital marketing, di antaranya adalah :
  • Belajar dasar-dasar pemasaran yang bermanfaat dalam dunia kerja.  
  • Belajar strategi digital marketing.
  • Belajar mendesain blog atau website.
  • Belajar dan membiasakan menulis artikel yang menarik dan inspiratif. 
  • Belajar mempromosikan artikel yang kita tulis ke berbagai media sosial sehingga mendapatkan traffic kunjungan sebanyak-banyaknya. 
  • Belajar SEO untuk mengoptimalisasikan blog dan artikel sehingga bisa dengan mudah diakses dari berbagai search engine, dan banyak lagi manfaat lainnya.
  • Belajar berbagai fitur yang terdapat dalam media sosial untuk digunakan dalam mempromosikan layanan informasi.