Pengalaman Membuat Blog

           

  Bagaimana awal mula blog ini terbentuk. Berawal dari tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen ku pada Mata Kuliah Digital Library Marketing. Awalnya pasti ada kesulitan ya itu sih maklum namanya pemula dan ada rasa capeknya terutama capek mikir untuk konten apa yang harus dituangkan didalam blog ini, dan pada akhirnya aku bisa menuangkan tulisan-tulisan ku menjadi sebuah konten di blog aku. 

Pada semester 5 ini aku mendapatkan mata kuliah Digital Library Marketing. Pada semester-semester sebelumnya aku pernah mendapatkan pengalaman membuat website secara manual dan juga wordpress sehingga untuk tugas blogger ini yang hampir sama dengan pengalaman yang pernah aku punya, aku cukup bisa untuk mengelola blogger ini.

Dosen ku yang bernama Pak Azwar Muin memberikan penjelasan mengenai perkenalan dan pengantar digital library marketing, seperti konsep pengertiannya, keunggulan, fungsi serta manfaat dari digital marketing. Setelah itu kami diberikan tugas oleh dosenku untuk menguji pemahaman. Di dalam digital marketing ini memiliki jenis-jenis yang bisa kita gunakan sebagai platform marketing dan sebagainya. Setelah itu ada juga mengenai pemahaman digital marketing untuk perpustakaan. Perpustakaan ternyata juga memerlukan digital marketing untuk melihat adanya perubahan perilaku pemustaka dalam mencari informasi sehingga dari situ perpustakaan bisa berkembang.

    Aku pertama kali membuat blog ini dengan memulai dari mendesain tampilan, merapihkan, menulis konten serta mempromosikan blog dan postingan-postingan yang aku buat didalam blog ini blogger menyediakan tema-tema juga looh, jadi untuk kita sebagai pemula tidak repot-repot mencari tema lagi karena aku bosan dengan tema yang itu-itu saja jadi aku memutuskan untuk mendowload tema dari platform lain dan memasangnya di blogku. Jujur sebenarnya aku takut untuk mencoba tema dari luar karena aku takut nanti semua konten yang sudah aku buat di blog ini akan hilang, tetapi dengan rasa percaya diri dan sedikit rasa takut akhirnya aku memasang tema dari platform luar. Ternyata benar saja apa yang aku takutkan itu terjadi, tetapi aku tidak putus asa dan aku memutuskan untuk terus berusaha sampai blogku benar-benar terlihat cantik, menarik dan rapih.

    Banyak hal baru dan tantangan yang  aku alami dalam mengelola blog ini. Selanjutnya aku ditugaskan oleh dosenku untuk mempromosikan blog yang telah kubuat. Yaa jujur saja, sebenarnya aku sangat bingung dan pusing bagaimana caranya mempromosikan blogku kepada orang lain atau ke sosial media. Untuk mempromosikan blogku ini, aku memanfaatkan platform sosial media yang aku punya yaitu seperti Instagram, status WhatsApp, status Line dan aku juga mempromosikan melalui grup-grup chat yang aku punya. 


15 comments

  1. Thanks udah berbagi pengalamannya yaa. Tetep semangat ����

    BalasHapus
  2. wahhh kerennnn, terima kasih ya rahma untuk pengalamannya.. semangat teruss dan selalu jaga kesehatannya yaaa :)

    BalasHapus
  3. mantaapp kk ������

    BalasHapus
  4. kereeennnn�� tidak ada alasan untuk tidak mencobaa

    BalasHapus
  5. semangaatttt umiiiii❣️

    BalasHapus
  6. ohh jadi ini hasilnya gara2 gk tidur semaleman wkwkwk, semangaatttt terusss ya anak baikkk.. semoga blog nya teruss berkembanggg... :)��

    BalasHapus
  7. Makasiii udah berbagi pengalamannya. Semangat terus ya!!

    BalasHapus
  8. wahhh menarik sekali pengalamannya. semangatt teruss yaaa

    BalasHapus
  9. semangattt terus untuk mengembangkan blog nyaa

    BalasHapus
  10. Menarik bgt pengalamannya, smgt terus yaa lanjutkann ngontennya!!

    BalasHapus
  11. Makasi udah mau sharing. Bermanfaat banget apalagi ini berguna buat kedepannya. Semangatt

    BalasHapus
  12. semangat terus yaa ngeblognyaa, thanks for sharing

    BalasHapus
  13. Rasanya masih ingin membaca artikel ini, eeeh tapi tiba-tiba selesai

    BalasHapus