Digital Library Marketing

         

Digital Marketing Library

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Digital Marketing Library. YUKKK Simak penjelasannya sebagai berikut!!

Apakah Anda pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online? Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan? Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing.

Lalu, sepenting apakah sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan itu Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar memahaminya secara jelas.

Apa Itu Digital Marketing (DM)?

PengertiaDigital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Apa yang dipelajari dalam mata kuliah Digital Marketing ini ? apa manfaatnya ? dan apa hubungannya dengan perpustakaan dan dunia kerja ? Ini yang akan coba saya jelaskan secara sederhana dalam blog ini.

Apa yang dipelajari dalam Digital Marketing ? 

Pertanyaan yang sangat menarik untuk dijawab sekaligus muncul pertanyaan baru, istilah digital marketing ini kan tidak ada hubungannya dengan ilmu perpustakaan. Nah inilah menariknya, Ilmu Perpustakaan mengadopsi ilmu marketing atau biasa disebut dengan ilmu pemasaran yang merupakan cabang ilmu dari disiplin ilmu ekonomi. Secara sederhana ilmu marketing mengajarkan bagaimana suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu individu atau perusahaan dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Kegiatan tersebut merupakan keseluruhan sistem yang dirancang mulai dari merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan keinginan pelanggan dan mencapai sasaran serta tujuan yang diinginkan.

Digital marketing ini juga memanfaatkan teknologi informasi, seperti teknologi blog atau website, sosial media sebagai sarana dalam menjalankan sebuah proses bisnis, baik barang, jasa, maupun informasi.      

Materi yang dipelajari dalam Digital Marketing khususnya untuk Ilmu Perpustakaan :

  • Pengantar pemasaran dan promosi perpustakaan
  • Digital marketing 1
  • Digital marketing 2
  • Strategi digital marketing
  • Mendesain blog atau website
  • Konten website
  • SEO basic pada blog atau website
  • Web marketing
  • Email dan messenger marketing
  • Facebook dan Instagram ads
  • Twitter dan youtube
  • Marketplace
  • Meningkatkan traffic website

Wahh, materi-materinya sangat menarik yah. Rasanya ingin cepat-cepat mempelajari dan menguasainya.

Apa saja sih manfaat dari belajar Digital Marketing ?  

  • Banyak manfaat dari belajar digital marketing, di antaranya adalah :
  • Belajar dasar-dasar pemasaran yang bermanfaat dalam dunia kerja.  
  • Belajar strategi digital marketing.
  • Belajar mendesain blog atau website.
  • Belajar dan membiasakan menulis artikel yang menarik dan inspiratif. 
  • Belajar mempromosikan artikel yang kita tulis ke berbagai media sosial sehingga mendapatkan traffic kunjungan sebanyak-banyaknya. 
  • Belajar SEO untuk mengoptimalisasikan blog dan artikel sehingga bisa dengan mudah diakses dari berbagai search engine, dan banyak lagi manfaat lainnya.
  • Belajar berbagai fitur yang terdapat dalam media sosial untuk digunakan dalam mempromosikan layanan informasi.  

Apa hubungan Digital Marketing dengan perpustakaan dan dunia kerja ?

Yukkk kita smak penjelasannya sebagai berikut !! 

Tentu saja sangat berhubungan. Perpustakaan merupakan institusi pengelola karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, informasi, pelestarian dan rekreasi para pemustaka. 

Nah, sebagai institusi yang memiliki peran penting dan strategis di masyarakat, perpustakaan melakukan berbagai kegiatan dan layanan yang dapat memberikan manfaat dan pemenuhan berbagai kebutuhan kepada khalayak. Berbagai kegiatan, layanan dan informasi ini perlu disosialisasikan dengan menggunakan media website. Mendesain sebuah website perpustakaan yang menarik dan sesuai standar menjadi suatu skill (keterampilan) tersendiri yang sangat dibutuhkan saat ini. Apakah pustakawan memiliki skill ini ? Ini menjadi tantangan loh. Yang kedua, keterampilan mengisi berbagai konten informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pustakawan menjadi pelopor garba informasi terdepan yang siap menyajikan berbagai informasi up to date yang bermanfaat untuk masyarakat.

Pustakawan dengan berbagai inisiatif dan kreasinya menyebarkan informasi untuk mempropagandakan berbagai kegiatan dan layanan di perpustakaan yang harus diketahui dan diikuti oleh masyarakat. Berbagai keterampilan ini mulai dari mendesain website, mengisi berbagai konten, dan menyebarkan informasi tersebut menggunakan teknologi informasi menjadi hal yang sangat krusial dan begitu dibutuhkan di perpustakaan dan tentu saja di berbagai lembaga institusi dunia kerja saat ini.  Peran ini biasa dilakukan oleh seorang web desainer dan dibantu oleh seorang Public Relation (PR). Pustakawan sangat bangga bisa menjadi 2 peran itu sekaligus. Keren kan pustakawan zaman now. 

Baca Juga : Strategi Pemasaran Influencer yang Cocok Bagi Bisnis Start

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh, apa saja itu? Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1.   1. Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2.   2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3.   3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4.   4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5.   5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

 

8 comments

  1. waahh informasinya sangat bermanfaat sekalii

    BalasHapus
  2. oh ternyata perpustakaan itu sangat berhubungan dengan digital marketing yaa, terima kasih rahma infonya

    BalasHapus
  3. Wahhh aku bru tau ternyata banyak sekali manfaat dan kelebihan dari digital marketingg.. makasii kak mila informasinya

    BalasHapus
  4. Berguna banget ternyata ilmu digital marketing khusus nya buat yang mau usaha, terimakasih infonya

    BalasHapus